Jumat, 05 April 2019

Simak Bagaimana Anak Singapura Jadi Juara

Dalam soal masalah sekolah, apa bisa buat, kita musti malu pada Singapura, pula Vietnam. Kalau tes Program International Student Assessment (PISA) yang dijalankan oleh Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi serta Pembangunan (OECD) jadi ukuran, bermakna kwalitas pendidikan Indonesia memang jauh ketinggal dari Singapura.

Hasil tes PISA pada murid-murid sekolah di 70 negara yang baru diterbitkan kemarin memposisikan anak-anak Singapura di tempat paling atas untuk semua kelompok : matematika, sains, serta membaca. Singapura jauh unggul dari sekian banyak negara superpower dalam ilmu dan pengetahuan, seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, serta Jerman.

Baca Juga : Penjelasan Teknik Sampling

Indonesia, minta maaf, cuma berada pada barisan ke-62 untuk pelajaran sains, serta posisi ke-63 dari 70 negara dalam merampungkan soal-soal matematika. Bahkan juga posisi Indonesia jauh dibawah Vietnam. Di lapangan sepak bola, pasukan Merah-Putih dapat melipat Vietnam. Tetapi, dalam masalah beradu otak merampungkan bab sains, murid-murid sekolah di Indonesia kalah jauh dari Vietnam. Anak-anak Vietnam ada di barisan ke-8 untuk pelajaran sains, serta posisi ke-22 untuk pelajaran matematika.

Bagaimana anak-anak Singapura mungkin saja juara dalam sains serta matematika dapat dilongok dari standard yang mereka aplikasikan di sekolah. Semacam ini dua dari demikian banyak bab matematika untuk anak kelas V sekolah basic di Singapura.

• Luas permukaan tiap-tiap bagian dari satu kotak ialah 84 cm2, 70 cm2, serta 30 cm2. Berapakah volume dari kotak itu?

• Ada empat angka. Kalau kita meremehkan satu angka, karena itu rata-rata angka itu ialah 45, 60, 65, serta 70. Berapakah rata-rata untuk total empat angka itu?

“Jika kamu memikir jika matematika adalah pelajaran yang susah, kamu tidak dapat sukses, ” kata Hai Yang, 10 tahun, murid sekolah basic Woodgrove di Singapura terhadap BBC. Dalam bahasa Inggris, bocah itu menuturkan bagaimana satu bab matematika dapat diakhiri melalui berbagai trik.

Guru salah satunya kunci kedahsyatan murid-murid sekolah di Singapura. Di Negeri Singa, guru adalah pekerjaan terhormat dengan penghasilan cukup besar. Seseorang guru yang masihlah berstatus eksperimen, menurut situs Kementerian Pendidikan Singapura, dapatkan penghasilan Sin$ 3. 100-3. 500 atau Rp 29-32 juta per bulan.

Artikel Terkait : Pengertian Sistem Operasi Komputer

“Singapura telah lama berinvestasi besar-besaran untuk dapatkan mutu edukasi yang bagus, ” kata Sing Kong Lee, Wakil Presiden Kampus Technologi Nanyang. Pemerintah Singapura pula membagikan budget pendidikan berlimpah. Dengan jumlahnya murid cuma kurang lebih 500 ribu orang, budget pendidikan Singapura tahun yang kemarin tembus Sin$ 12, 1 miliar atau Rp 113 triliun.

Rata-rata anak Singapura sudah terlatih berlomba serta pasang standard tinggi semenjak masihlah sangatlah awal.  Bukan panorama aneh di Singapura, anak-anak yang baru berusia 5 tahun telah ikuti rupa-rupa kelas penambahan. Cherlyn Lee, 11 tahun, telah memenangi berbagai lomba mental aritmatika. Ia mulai turut pelatihan berhitung itu semenjak usia 5 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar